Rangkuman Kecil Dari Gunung Sindoro

Kami ber-14 berangkat dari Tokopedia tower (padahal gw anak elevenia) pukul 22:00, menggunakan elf sewaan, sampai di Basecamp Kledung pukul 12:00. Langsung disambut porter kami, Mas Ipin. Packing ulang, makan siang, briefing sekedarnya, lanjut naik ojek ke pos 1½. Dari pos inilah kita baru start jalan kaki pake tenaga sendiri.

Kurang lebih rencana perjalanan seperti ini:

  • Basecamp Kledung
  • Pos 1½ (pake ojek)
  • Pos 2
  • Pos 3
  • Sunrise camp (bangun tenda dan bermalam disini)
  • Pos 4
  • Summit
  • Turun pulang

Perjalanan Ke Sunrise Camp

Perlu diingat di Sindoro sangat dilarang membawa tissue basah. Di basecamp para petugas akan membongkar dan memeriksa setiap carrier kemudian menyita jika ditemukan tissue basah.

Perjalanan dari pos 1½ sampai pos 3 kurang lebih 3-4 jam. Disini masih ada warung terakhir (warung mbah kuat), jadi kalau kekurangan air atau makanan atau rokok, masih bisa dibeli disini. Dari pos 3 menuju sunrise camp hanya 5 menit saja.

Tenda terakhir hanya boleh didirikan di sunrise camp atau pos 3, diatas itu sangat dilarang. Alasannya tak jauh dari kearifan lokal dan cerita-cerita mistis lain.

Catatan tambahan, di pos 3 sangat tidak aneh jika ada babi hutan lalu lalang. Disarankan untuk menggantuk makanan di atas pohon agar tenda tidak dirusak babi hutan jika menyimpan makanan di dalam.

Muncak

Perjalanan ke puncak dimulai pukul 4:00 dini hari. Ingat! Diwajibkan Sarapan dulu! karena pendakian ke puncak tidak sebentar dan tidak sepele. Bawa daypack, air minum dan snack. Ga usah berat-berat. Saya bertemu 3 orang pendaki yg pucat karena kelaparan dan kedinginan karena tidak sarapan dan tidak bawa snack. Akhirnya kita share snack kita agar mereka ada asupan makan.

Dua anggota kami tidak bisa ikut muncak karena sedang haid. Demi menjaga keamanan, istri saya dan teman saya tidak ikut muncak. Karena katanya penunggu sindoro sering mengganggu mereka yg sedang haid.

Perjalanan ke puncak sangat terjal, kadang berbatu, kadang licin, merangkak dan banyak istirahat XD. Dibutuhkan banyak snack karena kalori yg terbakar sangat sangat banyak.

Di pos 4 dengan jarak tempuh kurleb 5 jam. Istirahat sejenak untuk foto-foto (karena viewnya bagus sekali) dan tak lupa seduh kopi (bawa kompor disarankan) sambil sebats.

Note: disini kita bisa liat Sumbing, Merapi dan Merbabu dengan jelas.

Sampai di puncak pukul 11:00, disini view-nya hanya kawah dan awan. Foto-foto, istirahat, ngobrol, lalu turun lagi ke pos sunrise dengan waktu kurleb 3 jam.

Turun Pulang

Perjalanan turun kami sangat lama, karena hujan mengguyur dan ada 1 teman kami terkilir. Sambil berjalan pelan akhirnya tiba di basecamp pukul 21:00. Langsung mandi (dingin banget) dan makan sebelum akhirnya kita balik ke Jakarta.

Sekian rangkuman kecil saya semoga dapat membantu yg planning untuk ke Sindoro. Salam.

Eh hampir kelewat, jangan lupa, Sindoro itu gunung paling php, dari bawah terlihat puncak sudah didepan mata, padahal bukan, hanya undakan dan itu bukan sekali atau dua kali, berkali-kali di php-in.